PEMAHAMAN MAHASISWA BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2016 TERHADAP PELAFALAN KARAKTER HANZI YANG MEMILIKI LEBIH DARI SATU BUNYI 中文系2016届学生对汉语教程中出现的多音字的理解中
DOI:
https://doi.org/10.9744/century.8.1.55-67Keywords:
Kemasan, Sentra Madu, kemasan inovatif, maduAbstract
Penelitian ini membahas tentang Pemahaman Mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin angkatan 2016 terhadap Pelafalan Karakter Hanzi yang memiliki lebih dari satu bunyi. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap pelafalan karakter Hanzi sama yang memiliki lebih dari satu bunyi pada mahasiswa Bahasa Mandarin angkatan 2016.
Mengetahui penyebab yang menyebabkan mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin angkatan 2016 dalam melakukan kesalahan dalam pelafalan. Data diperoleh menggunakan tes, kuesioner, dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Karakter Hanzi sama yang memiliki lebih dari satu bunyi. Melalui wawancara dapat diketahui penyebab kesalahan berada pada kesalahan interlingual dimana siswa tidak memperhatikan batasan objek sehingga menimbulkan kesalahan. Melalui hasil test diketahui bahwa mahasiswa banyak melakukan kesalahan pada pelafalan kata kerja dan kata benda. Melalui kuesioner diketahui faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan adalah faktor dari materi pengajaran dan pengajar serta dari dalam diri mahasiswa sendiri.
Kata Kunci : pemahaman kesalahan, analisa kesalahan, angkatan 2016
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan artikel dalam jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-ekslusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.