ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN RADIKAL OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA 彼得拉基督教大学中文系学生理解偏旁偏误分析
DOI:
https://doi.org/10.9744/century.8.1.25-36Keywords:
Kemasan, Sentra Madu, kemasan inovatif, maduAbstract
Pemahaman karakter hanzi merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika mempelajari bahasa Mandarin, bahasa Mandarin memiliki radikal yang menghasilkan banyak karakter hanzi, sehingga kesalahan dalam pembacaan karakter hanzi sering terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa jenis kesalahan dan penyebab kesalahan dalam pemahaman radikal karakter hanzi dalam kalimat bahasa Mandarin pada mahasiswa program studi Bahasa Mandarin angkatan 2016 Universitas Kristen Petra Surabaya. Data dari penelitian ini didapat dari tes dan wawancara. Hasil analisis tes menunjukkan bahwa subjek penelitian masih belum memahami jenis dan letak radikal karakter hanzi terlihat dari persentase kesalahan yang cukup tinggi. Dari hasil wawancara penulis mendapatkan penyebab kesalahan dalam pemahaman radikal yaitu tidak mengetahui arti dari masing-masing radikal, tidak dapat mengingat keterkaitan antara radikal dan karakter hanzi yang telah dipelajari, serta kurangnya kemauan dari diri narasumber untuk mempelajari radikal karakter hanzi secara lebih mendalam.
Kata kunci: Radikal karakter hanzi, Analisis Kesalahan, Bahasa Mandarin
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan artikel dalam jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-ekslusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.