STUDI ANALISA METODE PENGAJARAN BAHASA MANDARIN PROGRAM STUDI BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

Elisabeth Elisabeth(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti mengadakan observasi terhadap metode pengajaran yang diaplikasikan dalam mata kuliah Bahasa Mandarin II Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra. Data yang telah dikumpulkan meliputi: bahasa pengajaran, media pengajaran, teknik dan metode pengajaran, serta fokus pengajaran yang digunakan dalam kelas. Selain itu, peneliti juga membagikan kuesioner kepada para peserta didik untuk mengumpulkan data mengenai faktor internal peserta didik yang meliputi: waktu belajar bahasa mandarin, tingkatan kemampuan berbahasa Mandarin, cara belajar yang digunakan, serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam mempelajari Bahasa Mandarin. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran yang digunakan dalam proses pengajaran dalam kelas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Pertama, penggunaan kombinasi antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin sesuai untuk mahasiswa tahun pertama, namun penggunaan Bahasa Indonesia dalam kelas dinilai terlalu banyak. Kedua, pemilihan media visual sebagai materi pengajaran cukup sesuai dengan cara belajar peserta didik yang sebagian memilih belajar dengan melihat sebagai cara belajar paling efektif bagi mereka, namun penggunaan media visual sebagai satu-satunya media pengajaran akan menghambat proses belajar peserta didik lain. Ketiga, pengajar menggunakan 2 jenis metode pengajaran dalam kelas, yaitu: Grammar-Translation Method dan Situational Language Teaching. Penggunaan ketiga metode pengajaran tersebut memberikan dampak positif bagi proses belajar peserta didik. Namun di sisi lain, peserta didik mengalami kejenuhan dengan pemberian tugas yang terlalu banyak serta memberikan masukan kepada pengajar untuk menggunakan metode pengajaran yang lebih bervariasi, seperti misalnya menggunakan permainan. Keempat, dari segi fokus pengajaran, beberapa kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam pengembangan keterampilan berbahasa dapat diatasi dengan metode dan teknik yang digunakan dalam proses pengajaran. Namun juga ada beberapa permasalahan lain dalam keterampilan berbicara dan membaca yang perlu lebih diperhatikan.


Full Text:

PDF

References


Azmi, B. M., Celik, B., Yidliz, N., & Tugrul, M. C. (2014). Listening Comprehension Difficulties Encountered by Students in Second Language Learning Class, Journal of Educational and Instructional Studies in the World, vol. 4, no. 4, 1-6.

Chen, L., Li, X. L., & Yan, M. (2018). Guoji Hanyu Jiaoxue Anli Dianxing Wenti Pingxi. Suzhou: Suzhou Daxue Chubanshe.

Hieu, Trung. (2011), Students Lack Confidence To Use English, dilihat 22 Maret 2019, url: http://vietnamnews.vnagency.com.vn/TalkAround-town/212262/Students-lack-confidence-to-use-English.html

Keraf, G. (2001). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

McKay, S. L., & Bokhorst-Heng, W. D. (2008). International English in its Sociolinguistic Context: Towards a Socially Sensitive EIL Pedagogy. New York: Routledge.

Nunan, D. (1999). Second Language Teaching & Learning. Boston, MA: Heinle & Heinle.

Sutami, H. (2016). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia, Jurnal Kajian Budaya, vol. 2, no. 2, 212-239.

Wu, H. P., & Wu, H. X. (2014). Waiyu Jiaoxue Fangfa yu Liupai. Beijing: Waiyu Jiaoxue yu Yanjiu Chubanshe.

Yu, Y. (2012). The Application of situational teaching method in English teaching, Journal of Harbin Finance College: 41.

Xu, Z. L., & Wu, R. F. (2015). Shiyong Duiwai Hanyu Jiaoxuefa. Beijing: Beijing Chubanshe.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.7.2.13-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats