PENERAPAN DUA BELAS PRINSIP FALSAFAH BISNIS FAN LI TERHADAP BISNIS RESTORAN CHINESE FOOD PENGELOLA ORANG TIONGKOK DAN ORANG TIONGHOA DI SURABAYA

Annabelle Nyotosantoso(1*), Leo Irwan Sugianto(2), Chun – I Kuo(3),


(1) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(2) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(3) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemahaman serta penerapan falsafah bisnis Fan Li terhadap bisnis restoran Chinese Food pengelola orang Tionghoa dan keturunan Tionghoa di Surabaya, serta mengetahui persamaan dan perbedaan yang timbul dalam pengaplikasiannya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat, baik orang Tionghoa dan keturunan Tionghoa pada dasarnya menerapkan falsafah Fan Li dalam mengelola usaha bisnisnya. Namun, di dalam pengaplikasiannya, terdapat sedikit perbedaan antara pemikiran orang Tionghoa dan keturunan Tionghoa.


Keywords


12 Prinsip Falsafah Bisnis Fan Li, Bisnis, Pengelola Orang Tionghoa, Pengelola Keturunan Tionghoa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakrik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J.W. (2008). Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Eriyanto. (2007). Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Hastuti, A.Y. (2012). Bisnis Makanan dan Minuman. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Hong, S.B. (2015). The Business Wisdom of Ancient Chinese Entrepreneurs: Timeless Principles for Modern Times. Singapore: Partidge Publising Singapore.

Hoon, C.Y. (2012). Identitas Tionghoa Pasca – Suharto – Budaya, Politik dan Media. Jakarta: Yayasan Nabil dan LP3ES.

Lin, J.Y. (2012). Demystifying the Chinese Economy. United Kingdom:Cambridge University Press.

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Patton, M.Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Jakarta: Pustaka Belajar.

Qian, S.M. (1995). Shǐjì huòzhí lièzhuàn. Henan: Henan Education Press.

Seng, A.W. (2006). Rahasia Bisnis Orang Cina. Jakarta: PT Mizan Publika.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadinata, L. (2010). Etnis Tionghoa dan Nasionalisme Indonesia. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Tan, C.M. (2010). Life and Business Club. New York: HarperOne.

Tay, B.S. (2014). 12 Rules of Management Effectiveness : Kearifan China Kuno dari Tao Zhu Gong. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wee, C.H. (2001). The Inspiration of Tao Zhu Gong. Singapore: Prentice Hall & Pearson Education Asia.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.5.2.33-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats