KESALAHAN TATA BAHASA PELETAKAN OBJEK MAHASISWA SASTRA TIONGHOA ANGKATAN 2014 DALAM ESAI KOMPOSISI II : KAJIAN PERBANDINGAN

Tiffany Qorie(1*), Dwi Retnaning Untari(2), Yi Feng Wang(3),


(1) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(2) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(3) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam menulis esai, tata bahasa sangatlah penting. Salah satu tata bahasa adalah komponen pembentuk kalimat, salah satunya adalah objek. Mahasiswa Sastra Tionghoa angkatan 2014 telah diajarkan mengenai struktur kalimat ini sejak semester pertama, namun masih terdapat beberapa kesalahan peletakkan objek dalam kalimat. Penelitian yang mengulas tentang kesalahan peletakan objek juga sangat minim. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah menemukan penyebab kesalahan peletakan objek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kesalahan peletakan objek oleh mahasiswa Sastra Tionghoa angkatan 2014.  Penulis menggunakan metode kajian perbandingan dalam menganalisis. Hasil penelitian menemukan lima macam kesalahan peletakkan objek. Kesalahan peletakan objek tersebut disebabkan oleh tiga hal, yaitu: pengaruh bahasa ibu yaitu kalimat tidak baku dalam bahasa Indonesia, mahasiswa kurang memahami penggunaan kelompok kata 离(lí)合(hé)词(cí) dan mahasiswa kurang memahami penggunaan kosakata bahasa Tionghoa dalam membuat kalimat bahasa Tionghoa. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa Sastra Tionghoa perlu mempelajari tata bahasa bahasa Tionghoa dengan lebih tekun dan mendalam, bila perlu diberikan latihan tambahan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya dalam menulis.

Keywords


Analisis Kesalahan, Peletakan Objek, Tata Bahasa Tionghoa, Tata Bahasa Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Fan, X. & Zhang, Y, F. (2008). Yufa Lilun Gangyao Essentials of Grammar Theory. Shanghai: Shanghai Translation Press.

Freeman, D. L. & Long, M. H. (2013). An Introduction to Second Language Acquisition Research. Beijing: Foreign Language Teaching and Research Press.

Hong, C. W & Xiu, J. G. (2014). Zhongji Jieduan Liuxuesheng Shung Binyu Jushi de Xuexi Nandu Shunxu yu Pianwu Fenxi. Jurnal Universitas Normal Cangzhou , 5.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Retrieved March 3, 2017, from http://kbbi.web.id/tata%20bahasa

Lin, Z. J. (2001). Hanguo Xuesheng Xide "Ba" Ziju Qingkuang de Kaocha Ji Pianwu Fenxi. Journal of Chinese Language and Culture Beijing University, 5.

Liu, Y. H., Po, W. W. & Gu, W. Zh. (2002). Shiyong Xiandai Hanyu Yufa. Beijing: Shang Wu Yin Shu.

Notoadmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Ri'fai, S. (2012). Grammatical Error in Writing. Cakrawala Pendidikan, 100.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wang, J. (2013). Liuxuesheng Hanyu Shuang Binyu Pianwu Fenxi. Jinan: School of Overseas Study Jinan University, 69.

Yang, J. G. (2012). Hanyu Zuowei Di Er Yuyan Jiaoxue Yufa. Beijing: Peking University Press.

Zhao, Y. (2009). Zhongjieyu Lilun KuangJia Zhong de "V+O" Pianwu Fenxi. Journal of Jilin University School of Education, 5.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.5.2.45–57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats