PENGARUH RELASI, FENG SHUI, DAN KEBETUNTUNGAN TERHADAP BISNIS KULINER KELUARGA ORANG TIONGHOA DI PASAR ATOM SURABAYA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh relasi, feng shui, dan keberuntungan terhadap bisnis kuliner keluarga orang Tionghoa di Pasar Atom Surabaya. Bagi orang Tionghoa relasi, feng shui, dan keberuntungan 3 hal ini telah dijadikan pedoman penting dalam menjalankan bisnis mereka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang Tionghoa yang mengelola bisnis kuliner di Pasar Atom Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat menerapkan relasi, feng shui, dan keberuntungan dalam bisnisnya dan memperoleh pengaruh yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Brown, S. (2001). Feng shui praktis. Jakarta: Erlangga.
Cahaya, D. (2014, 20 January). Tabel shio menurut kelahiran. Retrieved December 20, 2015, from http://www.was-was.com/2014/01/tabel-shio- menurut-kelahiran.html
Donnelley, R.G. (2002). The family business. Journal of The Family Firm Institute, 1(4), 335–454.
Handoko, T.H. (1996). Penguasa ekonomi dan siasat pengusaha Tionghoa. Yogyakarta: Kanisius.
Hoon, C.Y. (2012). Identitas Tionghoa pasca - Suharto - budaya, politik dan media-. Jakarta: Yayasan Nabil dan LP3ES.
Liáng, M.L. (2007). Duō cǎi Zhōngguó. Běijīng: Wǔzhōu Chuánbò Chūbǎnshè.
Muhammad, A. (2009). Komunikasi organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L.J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
PasarAtomMall. (n.d). Retrieved October 20, 2015, from
http://www.pasaratom.com/about
Patton, M.Q. (2009). Metode evaluasi kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Seng, A.W. (2007). Rahasia bisnis orang cina. Jakarta: PT Mizan Publika.
Suhartini, D. & Renata,J.A. (2007, September). Pengelolaan keuangan keluarga pedagang etnis Tionghoa. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol. 7, No.2, p.70- 81, Retrieved October 18, 2015, from
http://222.124.28.164/ojs336/index.php/rebis/article/viewFile/60/49
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarna, S.H. (2015). 51 kisah inspiratif para bos membangun usahanya. Jogja: Abata Press.
Susanto, A.B., dkk. (2007). The Jakarta consulting group on family business. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.
Susanto, P. (2014, November 2). Tanggung jawab perusahaan keluarga. Bisnis Indonesia. Retrieved October 22, 2015 , from
http://manajemen.bisnis.com/read/20141102/238/269657/tanggung-jawab- perusahaan-keluarga
Tjoe, T.L. (2008). Rahasia sukses bisnis etnis tionghoa di Indonesia. Yogyakarta: Media Pressindo.
Too, L. (2006). Feng shui. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Vleming, J.L. (1989). Kongsi & spekulasi jaringan kerja bisnis cina. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Ward, J.L. (2011). Keeping the family business healthy how to plan for continuing growth, profitability, and family leadership. New York: Palgrave Macmillan.
Williams, C.A.S. (2006). Chinese symbols and arts motifs. USA: Tuttle Publishing
DOI: https://doi.org/10.9744/century.4.1.50-59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
In cooperation with :
Tools :
Statistic Installed since 19 February 2019
View My Stats