PANDANGAN GENERASI TUA DAN GENERASI MUDA TIONGHOA SURABAYA TERHADAP PENERAPAN FENG SHUI TANGGA

Wenny Yulia Dewi(1*), Elisa Christiana(2), Lukito Suwito Kartono(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berisi tentang bagaimana peranan, eksistensi, dan kelanjutan Fēng Shuǐ di tengah masyarakat Indonesia-Tionghoa saat ini, terutama mengenai Fēng Shuǐ tangga yang seringkali dilupakan. Penelitian ini juga meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sikap masyarakat Indonesia-Tionghoa terhadap Fēng Shuǐ dan upaya yang dapat dilakukan sehingga Fēng Shuǐ sebagai salah satu kebudayaan Tionghoa dapat terus bertahan di tengah masyarakat Indonesia-Tionghoa, dengan memfokuskan penelitian pada pandangan penerapan Fēng Shuǐ tangga yang seringkali dilupakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan wawancara mendalam dengan delapan orang generasi tua berusia minimal 60 tahun dan enam orang generasi muda berusia 19-27 tahun sebagai obyek penelitian. Hasil penemuan dalam penelitian ini adalah adanya faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi eksistensi Fēng Shuǐ; perbedaan sudut pandang di antara generasi tua dan generasi muda mengenai bagaimana cara mereka memahami, menerima dan mempertahankan eksistensi Fēng Shuǐ; pandangan mengenai penting atau tidaknya Fēng Shuǐ tangga dari segi Fēng Shuǐ sebagai ilmu alam yang didominasi oleh generasi muda dan dari segi Fēng Shuǐ sebagai ilmu mistis yang didominasi oleh generasi tua; latar belakang pembelajaran Fēng Shuǐ berdasarkan prinsip keselarasan alam yang menentukan pandangan mengenai pentingnya Fēng Shuǐ tangga; adanya kesalahan pemahaman nilai filosofis dalam penghitungan Fēng Shuǐ anak tangga; pengaruh leluhur dan lingkungan yang menentukan sudut pandang orang Tionghoa dalam menilai Fēng Shuǐ tangga; serta penghitungan jumlah anak tangga dan posisi tangga yang tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu sebagai pengetahuan yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia-Tionghoa. Berdasarkan hasil penelitian, solusi untuk dapat terus mempertahankan Fēng Shuǐ adalah menyediakan sumber-sumber yang dapat menjelaskan konsep aturan dalam Fēng Shuǐ secara logis.


Keywords


Pandangan Generasi Tua, Pandangan Generasi Muda, FēngShuǐ Anak Tangga.

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif – Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Artikelsiana. (2015). Letak Geografis, Astronomis, dan Geologis Indonesia. Pembahasan Letak Astronomis Indonesia. Retreived from http://www.artikelsiana.com/2015/08/letak-geografis-astronomis-geologis.html.

Bloomfield, F. (2010). Chinese Beliefs: Mendalami Pola-pola Berpikir Orang

Cina. Surabaya: Liris.

Chén, R. J. (2014). Zhōngguó Wénhuà Dǎolùn. Běijīng: Gāoděng Jiàoyù Chūbǎn Shè.

Coppel, C. (1994). Tionghoa Indonesia Dalam Krisis. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Dawis, A. (2009). Orang Indonesia Tionghoa Mencari Identitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dian, M. (2011). Jiànzhú Fēngshuǐ: Solusi Fēng Shuǐ Lengkap. Jakarta: PT Elex

Media Komputindo.

Dian, M. & Xue, I. (2014). Fēngshuǐ dan Interior Rumah Tinggal. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Dù, D. N. (2005). Fēngshuǐ de ChángShì yǔ YìngYòng. BěiJīng: ZhōngGuó LǚYóu ChūBǎn Shè.

Fāng, L. T. (2006). Zhōngguó Fójiào Wénhuà. BěiJīng: Zhōngguó Rénmín Dàxué

Chūbǎn Shè.

Ilmusiana. (2015). Letak Geografis Wilayah Indonesia. Retreived from http://www.ilmusiana.com/2015/08/letak-geografis-wilayah-indonesia.html.

Lamudi. (2014, January 16). Lamudi Indonesia: Denah Rumah yang Baik Menurut Fēng Shuǐ. Fēng Shuǐ Rumah, 4. Retreived from http://www.lamudi.co.id/journal/fengshui-konsultasi/page/4/

Lamudi. (2014, January 21). Lamudi Indonesia: Kriteria Tangga Untuk Ciptakan Fēng Shuǐ Baik. Fēng Shuǐ Rumah, 3. Retreived from http://www.lamudi.co.id/journal/fengshui-konsultasi/page/3/

Lin, Y. (2000). Merancang Interior dengan Fēng Shuǐ Tibet. Harmoni.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, R. R. (2013). Budaya Tionghua Pecinan Semarang. Semarang: Koleksi Seri Buku Budaya Tionghoa.

Sundari, D. (n.d.). Pusat Fēng Shuǐ: Pusat Solusi Keberuntungan dan Kesuksesan dengan Fēng Shuǐ Nusantara. Retreived from http://www.pusatfengshui.com/?depan.

Widagdho, D. (2012). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Xiáng, Y. (2012). Membongkar Mitos Fēng Shuǐ. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Yú, X. X.(2010). Fēngshuǐ Wénhuà duì Shìjiè de Yǐngxiǎng. Běijīng: Shìjiè Zhīshì

Chūbǎn Shè.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.4.1.20-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats