Kesesuaian bahan ajar dan tujuan pembelajaran bahasa Mandarin kelas 10 di SMA Kristen Sunodia
Sunodia基督教高中10年级汉语课教材与教学目标的适宜性
DOI:
https://doi.org/10.9744/century.13.2.86-101Abstract
Pemilihan bahan ajar yang tepat dalam proses pembelajaran khususnya bahasa Mandarin sangat penting, karena dapat mempengaruhi efektivitas siswa dalam menguasai materi dan mencapai tujuan pembelajaran. Banyak orang menganggap bahasa Mandarin sulit dipelajari, oleh karena itu bahan ajar yang tepat dapat membantu mengurangi kesulitan tersebut. Penelitian ini menganalisis dua bahan ajar yang digunakan oleh siswa kelas 10 di SMA Kristen Sunodia, yaitu 千岛华语 7 (Qiāndǎo Huáyǔ 7) dan 春晖 1 (Chūnhuī 1), dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kedua bahan ajar serta menentukan bahan ajar mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 千岛华语 7 lebih mendukung keterampilan membaca karakter Hanzi untuk mencapai HSK level 3, namun kurang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa karena tidak menyertakan pinyin dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Sebaliknya, 春晖 1 lebih sesuai dengan kemampuan siswa karena menyajikan materi yang progresif yang dilengkapi dengan pinyin meskipun hanya mentargetkan pencapaian HSK Level 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sharen Lawrence Darto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel dalam jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-ekslusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.