Kesesuaian bahan ajar dan tujuan pembelajaran bahasa Mandarin kelas 10 di SMA Kristen Sunodia

Sunodia基督教高中10年级汉语课教材与教学目标的适宜性

Authors

  • Sharen Lawrence Darto Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/century.13.2.86-101

Abstract

Pemilihan bahan ajar yang tepat dalam proses pembelajaran khususnya bahasa Mandarin sangat penting, karena dapat mempengaruhi efektivitas siswa dalam menguasai materi dan mencapai tujuan pembelajaran. Banyak orang menganggap bahasa Mandarin sulit dipelajari, oleh karena itu bahan ajar yang tepat dapat membantu mengurangi kesulitan tersebut. Penelitian ini menganalisis dua bahan ajar yang digunakan oleh siswa kelas 10 di SMA Kristen Sunodia, yaitu 千岛华语 7 (Qiāndǎo Huáyǔ 7) dan 春晖 1 (Chūnhuī 1), dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kedua bahan ajar serta menentukan bahan ajar mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 千岛华语 7 lebih mendukung keterampilan membaca karakter Hanzi untuk mencapai HSK level 3, namun kurang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa karena tidak menyertakan pinyin dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Sebaliknya, 春晖 1 lebih sesuai dengan kemampuan siswa karena menyajikan materi yang progresif yang dilengkapi dengan pinyin meskipun hanya mentargetkan pencapaian HSK Level 2.

Downloads

Published

2025-08-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kesesuaian bahan ajar dan tujuan pembelajaran bahasa Mandarin kelas 10 di SMA Kristen Sunodia: Sunodia基督教高中10年级汉语课教材与教学目标的适宜性. (2025). Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 13(2), 86-101. https://doi.org/10.9744/century.13.2.86-101