Analisis Kesalahan kata bantu “得” pada mahasiswa angkatan 2021 Universitas Kristen Petra
Abstract
Kata bantu struktural adalah kata bantu yang diletakkan di belakang frasa menjelaskan hubungan struktural, terdiri dari 3 jenis, yaitu “的”,“得”dan“地”. Penelitian ini berfokus pada “de得”. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mendeskripsikan dan mencari jenis kesalahan beserta faktor yang mempengaruhi kesalahan itu terjadi pada mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dua teknik analisis data yaitu metode observasi berupa soal tes tertutup dan wawancara dengan tiga responden yang memiliki jawaban salah terbanyak saat mengerjakan soal tes. Melalui observasi, penulis menemukan jenis-jenis kesalahan yaitu salah penggantian sebagai bentuk kesalahan yang paling banyak muncul, di urutan kedua yaitu salah menghilangkan, urutan ketiga yaitu salah urutan, salah menambahkan adalah kesalahan yang muncul dengan frekuensi kesalahan paling sedikit. Di soal tes romawi 1, beberapa responden tidak cukup paham kapan harus menggunakan “de得” dan kapan tidak perlu menggunakannya. Di soal tes romawi 2, ada beberapa responden yang tidak memahami penggunaan kata bantu 得 dengan kata bantu struktural lainnya. Di soal tes romawi 3, sebagian responden memahami struktur atau peletakan 得 dalam kalimat. Melalui wawancara, penulis menemukan faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut yaitu transfer negatif bahasa ibu, pengetahuan bahasa target yang tidak cukup, dan pengaruh strategi belajar dan komunikasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.9744/century.11.1.31-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
Tools :
Statistic Installed since 19 February 2019
View My Stats