ANALISIS KONFLIK SOSIAL ANTAR TOKOH DALAM FILM “WǑMEN YǑNG BÙ YÁN QÌ” KARYA ROY CHOW

Tika Anggraeni(1*),


(1) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Judul penelitian ini adalah “Analisis Konflik Sosial Antar Tokoh dalam film Wǒmen Yǒng Bù Yán Qì Karya Roy Chow”. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang bentuk konflik sosial yang terdapat dalam film Wǒmen Yǒng Bù Yán Qì dan gambaran tokoh utama memiliki konflik sosial dengan tokoh lain dalam film Wǒmen Yǒng Bù Yán Qì. Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori dari Setiadi dan Kolip. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk konflik sosial yang terdapat dalam film Wǒmen Yǒng Bù Yán Qì berupa konflik sosial antarpribadi, konflik sosial kepentingan, konflik sosial antargolongan/kelompok dan konflik sosial antarkelas. Gambaran tokoh utama memiliki konflik sosial dengan tokoh lain meliputi konflik yang terjadi antara tokoh Zhōu Shǐ dengan Madam Fang, tokoh Zhōu Shǐ dengan Manager, tokoh Zhōu Shǐ dengan Zhou Zizai.

 

Kata kunci: Konflik Sosial; Film; Wǒmen Yǒng Bù Yán Qì; Tokoh

 

摘要

 

本研究的题目是 《我们永不言弃》 电影中人物之间的社会冲突分析。本研 究旨在探讨社会冲突的形式 《我们永不言弃》, 影片中主人公与剧中其他角色发生社会冲突的描写 《我们永不言弃》 电影。本研究采用的分析方法是描述性定性方法。本研究采用 Setiadi 和 Kolip 的理论。本研究的结果是电影中包含的社会冲突形式 《我们永不言弃》主要表现为人际社会冲突、利益社会冲突、群体社会冲突、阶级社会冲突。对与其他人物发生社会冲突的主要人物的刻画包括:周始与方胜男、周始与经理、周始与周自在。

 

关键词: 社会冲突,电影,我们永不言弃,人物


Full Text:

PDF

References


Bogdan, R., & Steven T. (1992). Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Desetyawan, A. (2018). Analisis Tokoh Dan Penokohan novel Positif karya Maria Silvi dan Rencana Pembelajarannya Dengan Pendekatan Kontekstual di SMA Kelas XI Semester 1. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press

Mulyati. (2019). Konflik Sosial Dalam Film Drug War: Kajian Sosiologi Sastra. Skripsi. Medan: Program Studi Bahasa Mandarin USU.

Nadhira, S. U. (2019). Konflik Sosial Antartokoh Dalam Film Man Cheng Jin Dai Huang Jin Jia Karya Zhang Yimou: Tinjauan Sosiologi Sastra. Skripsi. Medan: Program Studi Bahasa Mandarin USU.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratista, H. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Putri, L, Juita, N & Zulfadhli, Z. (2017). Konflik Kelas Sosial Dalam Novel Orang-Orang Pulau Karya Giyan. Jurnal Bahasa dan Sastra. vol. 4, no. 4, hh. 4.

Rusdiana, H. A. (2015). Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia.

Setiadi, E. M. dan Usman, K. (2015). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.9744/century.10.2.15-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats