ANALISIS UPAYA MENGATASI DAN MENCEGAH PERUNDUNGAN REMAJA DI SEKOLAH DALAM FILM “BETTER DAYS” DAN “CRY ME A SAD RIVER”

Jovita Emmanuela

Abstract


Fenomena perundungan merupakan salah satu masalah serius di dunia, ia dapat mengancam kesehatan fisik dan mental, bahkan menyebabkan bunuh diri. Film “Better Days” dan “Cry Me A Sad River” sama-sama menggambarkan fenomena perundungan, namun korban perundungan mengalami akhir yang berlawanan, yakni selamat dan bunuh diri. Penulis menggunakan metode kualitatif untuk mencari cara mengatasi dan mencegah fenomena perundungan, dengan menganalisis respon faktor internal dan faktor eksternal korban perundungan terhadap perundungan, serta faktor internal dan faktor eksternal penyebab seseorang menjadi pelaku perundungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk mengatasi perundungan perlu kerja sama antara faktor internal dan faktor eksternal korban perundungan, korban perundungan harus mempertahankan ketangguhan dirinya dan meminta pertolongan dari orang lain, sementara faktor eksternal korban perundungan harus peka dan memberikan pertolongan secara aktif. Untuk mencegah perundungan, orang tua harus menciptakan kondisi keluarga yang baik, mendidik anak dengan cara yang tepat, serta bersama dengan sekolah membantu anak untuk dapat mengontrol emosinya sendiri.

 

Kata kunci: film “Better Days”; film “Cry Me A Sad River”; mengatasi; mencegah; perundungan remaja di sekolah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.9744/century.9.2.27-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by : 

 

e-ISSN Barcode :


Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats