Analisis Pengaruh Citra Merek Baru terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra

Authors

  • Devina Paulina Yapari Petra Christian University
  • Steffi Thanissa Halim Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/century.10.2.87-101

Keywords:

Fasilitas Pelatihan, ekonomi, kreatif, Surabaya, remaja.

Abstract

Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra pada tahun 2019 baru saja melakukan kebijakan rebranding berupa pengubahan nama program studi yang semula Sastra Tionghoa menjadi Bahasa Mandarin. Perubahan ini ditanggapi positif oleh masyarakat dengan bukti adanya peningkatan jumlah mahasiswa secara signifikan dalam 2 tahun setelah kebijakan tersebut dibuat. Pada penelitian ini, peneliti ingin meneliti bagaimana citra merek baru mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif, mewawancarai delapan orang mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin untuk menganalisis pandangan mereka terhadap citra Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra ketika mereka hendak melakukan pemilihan jurusan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan memiliki pengaruh yang besar, dimana pembaharuan informasi yang dilakukan membuat mahasiswa yakin untuk memilih Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra. Selain itu kesadaran akan pentingnya berbahasa Mandarin dan luasnya kesempatan kerja, program dual degree dan immersion, serta reputasi Universitas Kristen Petra juga memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa. Sementara itu, renaming yang dilakukan tidak membawa pengaruh langsung, hanya mengubah kesan pertama siswa terhadap program studi menjadi lebih positif, dimana hal ini membuat mereka terdorong untuk mencari tahu lebih dalam tentang program studi.

Author Biographies

  • Devina Paulina Yapari, Petra Christian University
    Chinese Department
  • Steffi Thanissa Halim, Petra Christian University
    Chinese Department; lecturer

References

Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name. The Free Press.

Alwasilah, A. C. (2011). Pokoknya kualitatif: dasar-dasar merancang dan melakuan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya.

Keller, K. L. Strategic brand management:Building, measuring, and managing brand equity (4th ed.). (2013). Pearson education limited.

Knapp, D. (2004). The complete ideal’s guide brand management. Prenada Media.

Kotler, P. & Armstrong, G. (1997). Dasar-dasar pemasaran. PT Ikrar Mandiriabadi.

Muzellec, L., Doogan, M., & Lambkin, M. (2003). Corporate rebranding – An exploratory review. Irish Marketing Review, 16(2), 31-40.

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: destroying, transferring or creating brand equity? European Journal of Marketing, 40(7–8), 803–824. https://doi.org/10.1108/03090560610670007

Peter, J. P., & Olson, J. C. Consumer behavior and marketing strategy (7th ed.). (2005). Irwin McGraw-Hill.

Santosa, A. (2015). Hargaku adalah nyawaku: Basuki Tjahaja Purnama, berani mati demi konstitusi dan melawan korupsi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Universitas Kristen Petra (2020). Klasterisasi perguruan tinggi 2020, Universitas Kristen Petra sebagai perguruan tinggi swasta terbaik pertama di Jawa Timur. https://www.petra.ac.id/news/klasterisasi-perguruan-tinggi-2020-universitas-kristen-petra-sebagai-peguruan-tinggi-swasta-terbaik-pertama-di-jawa-timur

Universitas Kristen Petra (2020). Kurikulum. http://tionghoa.petra.ac.id/curriculum

Universitas Kristen Pertra (2020). Sejarah. http://tionghoa.petra.ac.id/history

Downloads

Published

2022-08-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Pengaruh Citra Merek Baru terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra. (2022). Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 10(2), 87-101. https://doi.org/10.9744/century.10.2.87-101