Perbandingan Lingkungan Bahasa Informal Hebei Normal University dan Universitas Kristen Petra Dalam Pembelajaran Bahasa Tionghoa 河北师范大学与彼得拉基督教大学的课外语境作为汉语学习的对比研究

Margaretha Monika Utama(1*), Elisa Christiana(2), Herman Yongdra(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran bahasa tidak pernah terlepas dari lingkungan. Dalam proses pembelajaran bahasa kedua, lingkungan bahasa informal merupakan salah satu unsur yang berpengaruh. Maka dalam skripsi ini, penulis meneliti pandangan mahasiswa asing tingkat dasar Hebei Normal University dan Universitas Kristen Petra serta membandingkan lingkungan bahasa informal di Hebei Normal University dan Universitas Kristen Petra. Dari hasil penelitian, penulis menemukan mahasiswa asing yang terbiasa menggunakan bahasa Tionghoa dalam berkomunikasi lebih banyak dibandingkan mahasiswa Program Studi Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan kebiasaan penggunaan bahasa kedua negara, yang kemudian mempengaruhi proses pembelajaran bahasa. Namun lingkungan bahasa informal di dalam kampus tetap membawa lebih banyak pengaruh positif dibandingkan lingkungan bahasa di masyarakat, sebab di dalam lingkungan kampus, ada para dosen dan teman-teman yang membantu mereka dalam proses pembelajaran bahasa Tionghoa.


Keywords


Lingkungan bahasa, Informal, Bahasa Tionghoa, Pembelajaran, Perbandingan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bungin, B.(2009).Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Chén, Fēng.(2008). Duì Wài Hàn Yǔ Jiào Xué Fǎ. Beijing: Zhōng Huá Shū Jú.

Fauzi, M.(2009). Metode Penelitian Kuantitatif : Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.

IALF (18 April 2000). Peranan Guru. Retrieved May 05, 2010, from http://www.ialf.edu/bipa/april2000/perananguru.html

Johnson, A.P.(2008). A Short Guide to Action Research Third Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Juwita, C.(2012). “How Interesting to Learn Chinese”. Sinergi. Surabaya: Puslitbangdik PPPK Petra.

Krashen, S.D.(1981). Second Language Acquisition and Second Language Learning. Oxford: Pergamon Press.

Liú, Xún.(2010). Duì Wài Hàn Yǔ Jiào Yù Xué Yǐn Lùn. Beijing: Beijing Language And Culture University Press.

Purba, A.(2013). “Peranan Lingkungan Bahasa dalam Proses Pemerolehan Bahasa Kedua”. Pena, vol. 3(no. 1), p. 23-24.

Santrock, J.W.(2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, CV.

Wu, Li Hong. (1995). Yu Yan Huan Jing Yu Ben Zu Yu, Di Er Yu Yan Ji Wai Yu De Xi De Yu Xue Xi. Shanxi: Shan Xi Da Xue Shi Fan Xue Yuan Xue Bao.

Yulianto, B.(2007).Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press.

Zhào, Jīn Míng.(2008). Duì Wài Hàn Yǔ Jiào Xué Gài Lùn. Běijīng: Běijīng Guǎng Bò Xué Yuàn Bò Yīn Zhǔ Shī Yì Shù Xué Yuàn.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.2.1.74-85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats