Perspektif Kebahasaan Pada Strategi Sensory Marketing Perusahaan Mixue : Kajian Tindak Tutur Pragmatik

Rinaldi Rinaldi(1*), Muhammad Khairul Fahmi(2), Arkam Susilo(3), Andi Naswa Nurkhalisa(4), Arini Junaeny(5),


(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu brand adalah strategi marketing yang tepat, adapun teknik marketing yang dapat digunakan yakni melalui penggunaan sensory marketing. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada peran konteks pragmatik dalam menentukan maksud tuturan di kehidupan sehari-hari. Sehingga tujuan penulisan ini yaitu menganalisis kebahasaan pada strategi sensory marketing perusahaan Mixue dalam kajian tindak tutur pragmatik indikator sensory Penglihatan (sight), Rasa (taste), Sentuhan (touch), Pendengaran (hear), Penciuman (smell). Sumber data penelitian ini didapatkan langsung dari wawancara informan serta sumber lain baik lisan maupun tulisan. Hasil penelitian ini membuktikan penggunaan sensory marketing yang dilakukan Mixue mampu mempengaruhi perilaku konsumen melalui logo, aksara mandarin, pelafalan unik, dan gimik.


Keywords


mixue; sensory marketing; kajian pragmatik

Full Text:

PDF

References


Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 200–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217

Fatchurrohman, F., & Hendayani, R. (2020). Pengaruh Sensory Brand Experience Terhadap Brand Equity Dengan Mediating Affective Commitment Dan Customer Satisfaction Pada Mahasiswa Pengguna Iphone Di Telkom University. eProceedings of Management, 7(2).

Fatihah, A. C., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur perlokusi dalam konpers Presiden soal COVID-19 pada saluran Youtube CNN Indonesia. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 13(1), 1-10.

Ho, W. S. (2013). Bahasa figuratif sebagai wahana pemikiran: Satu Analisis Pragmatik. Jurnal Bahasa, 13(1), 39-63.

Jang, H.-W., & Lee, S.-B. (2019). Applying Effective Sensory Marketing to Sustainable Coffee Shop Business Management. Sustainability, 11(22), 6430. https://doi.org/10.3390/su11226430

Kasih, A. T., Dewi, N. A. S., Kuntari Budiyati, A. P., & Damayanti, V. F. K. (2023). Pengaruh Kemasan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Mixue. STIE WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA, 1.

Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit Aksara Timur.

Merentek, S. H. (2016). Deiksis dalam film Cinderella: Analisis pragmatik. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 2(1).

Nasution, M. M., Izar, J., Afria, R., & Putri, Y. E. (2023). Prinsip Kerjasama pada Keterangan Saksi Susi Asisten Rumah Tangga Ferdy Sambo pada Sidang Lanjutan Bharada Eliezer Ditinjau dengan Kajian Pragmatik. Jurnal Sastra Indonesia, 12(1), 31-39.

Rahmadhanimara, R., & Purwinarti, T. (2022). SENSORY MARKETING: AROMA DAN CITA RASA TERHADAP PEMBENTUKAN PERSEPSI KONSUMEN (STUDI KASUS: GERAI ROTI O DI STASIUN KRL COMMUTER LINE JAKARTA SELATAN). EPIGRAM (e-journal), 19(2), 162-173.

Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126-8137. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600

Safitri, R. D., & Mulyani, M. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. KABASTRA: Kajian Bahasa dan Sastra, 1(1), 59-67.

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok. co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultur, 9(2), 152-171.

Silalahi, N. R. F. (2023). Konfigurasi Jalur Kepuasan Rendah Vs Tinggi Di Coffee Shop Sumatera Utara Berdasarkan Sensory Marketing: Bukti dari Fsqca.

Sudarsono, S., Hamzah, A., & Warastuti, R. A. (2023). PENGGUNAAN BAHASA DAN ISTILAH PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI ONLINE. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(1), 70-80.

Sudiharto, R. A. M. (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Sensory Marketing Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Toko Roti Breadtalk, Solo Grand Mall) (Doctoral dissertation).

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-25). Alfabeta. Bandung.

Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia (Edisi ke-1). Graniti. Perum Graniti. Gresik.

Wibowo, K. A., & Prabawani, B. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN JINGLE IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SARI ROTI”(Studi pada Konsumen Sari Roti di Semarang)/64/adbis/2020 (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Widayanti, S. R., & Kustinah, K. (2019). Analisis Pragmatik pada Fungsi Tindak Tutur dalam Film Karya Walt Disney. Prasasti: Journal of Linguistics, 4(2), 180-185.

Yolanda, O. V. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN SENSORY MARKETING TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN COFFEE SHOP DI KOTA PADANG (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).




DOI: https://doi.org/10.9744/century.12.1.27-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats