Tanggapan dan Indikator Tanggapan Siswa terhadap Kualitas Layanan Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo Surabaya

Belinda Wijaya(1*), Dinalia Widjaja(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan meningkatnya permintaan pusat pengajaran bahasa Mandarin, peluang pasar untuk pusat pengajaran bahasa Mandarin juga semakin besar, sehingga persaingan antar pusat pengajaran bahasa Mandarin dalam menawarkan berbagai metode pembelajaran semakin ketat. Pusat pengajaran bahasa Mandarin adalah usaha dalam bidang jasa atau layanan. Ketika pelanggan menggunakan layanan, pada dasarnya akan memperhatikan kualitas layanan. Pada penelitian ini, penulis meneliti bagaimana tanggapan siswa terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo dan indikator-indikatornya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, mewawancarai tiga belas orang siswa Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo untuk menganalisis tanggapan mereka mengenai kualitas layanan Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo berdasarkan teori HEdPERF yang dikemukakan Abdullah (2005),  serta mengukur kepuasan mereka terhadap layanan yang mereka terima menggunakan indikator kepuasan yang dikemukakan oleh Tjiptono (2005). Hasil analisis menunjukkan bahwa responden memiliki tanggapan positif terhadap kualitas layanan yang didapatkan. Mereka menyatakan bahwa layanan Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo sangat baik dalam setiap faktor. Semua responden juga menyatakan bahwa mereka secara umum puas dengan kualitas layanan yang diberikan oleh  Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo. Meskipun terdapat beberapa hal yang menimbulkan ketidakpuasan, hal tersebut tidak mempengaruhi kepuasan mereka secara keseluruhan terhadap Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo.


Keywords


layanan; kualitas layanan; Xin Miao Chinese Language Centre Sutorejo; indikator kepuasan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. (2005). The Development of HEdPERF: A New Measuring Instrument of Service Quality For The Higher Education Sector. International Journal of Consumer Studies, 30(6), 569–581

Abdullah, F. (2006). Measuring Service Quality in Higher Education: HEdPERF versus SERVPERF. Marketing Intelligence & Planning, 24(1), 31-47.

Airlangga. (2023). Taiwan Education Center In Surabaya. https://www.global.unair.ac.id/taiwan-education-center-in-surabaya/

Alwi, H. & Hasan, D. (2003). Seminar Politik Bahasa 1999, 4, https://repositori.kemdikbud.go.id/1777/

A'yun, Q (personal communication, May 10, 2023)

Aziz, F. A. (2017). Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Dian Gitaya. https://eprints.uny.ac.id/49286/1/FAIQ%20ABDUL%20AZIZ_13511241062_SKRIPSI.pdf

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Direktorat Pembinaan dan Kelembagaan Kursus. (2010). Sebaran Jumlah Pendidik Perjenjang Pendidikan di Berbagai Provinsi. www.infokursus.net

Faisal, S. (2001). Format-format Penelitian Sosial (5th ed.). Raja Grafindo Persada.

Febrianus (personal communication, April 27, 2022)

Febrianus (personal communication, February 23, 2023)

Febrianus. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Kursus Bahasa Mandarin Pada Lembaga Pendidikan Bahasa Mandarin Xin Miao Chinese Language Centre Melalui Loyalitas. [Unpublished master’s thesis]. Dr. Soetomo University

Ghony, M. Djunaidi & Almanshur, Fauzan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Harahap, Z. P., Arwin, A., Yuliana, Y., Nugroho, N., & Ivone, I. (2021). Analisis Motivasi Kerja Karyawan di CV Fawas Jaya Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 507–511.

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara

Irawan, I., Yuliana, Y., Arwin, A., Jovando, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid di IEC, Medan. Insologi Jurnal Sains dan Teknologi. https://journal.literasisains.id/index.php/insologi/article/view/411/418

Kartono, G. (1984). “Kedudukan dan Fungsi Bahasa Asing di Indonesia” dalam Politik Bahasa Nasional (2nd ed.). Balai Pustaka

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran. (13th ed.). Erlangga

Kurniadin, Didin. (2016). Manajemen pendidikan: Konsep dan prinsip pengelolaan Pendidikan.(3rd ed.).Ar-Ruzz Media.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2010). Services Marketing: People, Technology, Strategy. (7th ed.). Pearson.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2010). Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. (7th ed.). Erlangga.

Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid di IEC Medan. https://www.researchgate.net/publication/363658293_Pengaruh_Kualitas_Pelayanan_Terhadap_Kepuasan_Orang_Tua_Murid_Di_IEC_Medan

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. (Rev Ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. (2015). Manajemen pendidikan: Teori, Kebijakan, Dan Praktik. (1st ed.). Prenada Media Group

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73. (1991). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 Tentang Pendidikan Luar Sekolah. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pp_73_91.pdf

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Razali. (2015). Foreign students’ common problems in writing Chinese characters. International Journal of East Asian Studies, 4(1), 63-78. https://ejournal.um.edu.my/index.php/IJEAS/issue/view/769/Volume%204%20%281 %29

Sai, S. &Hoon, C. (2013). Chinese Indonesians Reassessed: History, Religion, and Belonging. Routledge.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Sutami, H. (2007). Kekhasan Pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia. http://wacana.ui.ac.id/index.php/wjhi/article/view/214

Sutami, H. (2012). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Jurnal Kajian Budaya. http://paradigma.ui.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28/pdf

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2005). Service, Quality & Satisfaction (1st ed.). Andi

Tjiptono, F. (2012). Service management : mewujudkan layanan prima (2nd ed.). Andi

Tjiptono, F. (2014). Pengukuran Kepuasan Konsumen. Andi

Triyana, Y. F. (2012). Tips merintis dan mengelola berbagai lembaga kursus (1st ed.). Laksana.

Tsuda. (2010). Etnis Tionghoa yang Belajar Bahasa Mandarin: Pencarian ‘Kecinaan’-nya?. Jakarta: KPG.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Free Press.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.12.1.55-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats