Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pada Motivasi Murid-Murid Kursus TTZW Surabaya Belajar Bahasa Mandarin

Darren Fredericko Laksmana(1*), Olivia Olivia(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam dunia pendidikan, kompetensi guru dapat diringkas menjadi empat dimensi utama yang terbagi menjadi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dalam empat dimensi ini, kompetensi kepribadian memiliki pengaruh yang paling signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi besarnya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi murid dalam belajar bahasa Mandarin, dilaksanakan di kursus bahasa Mandarin TianTian ZhongWen (TTZW). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pertama dengan menyebarkan angket penelitian melalui formulir Google, total terdapat 55 murid yang berpartisipasi dalam pengisian angket, kemudian menggunakan Excel dan aplikasi SPSS untuk mengolah dan menghitung data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru selama pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap motivasi murid dalam belajar bahasa Mandarin. Di waktu yang sama menemukan bahwa kompetensi kepribadian guru di TianTian ZhongWen (TTZW) secara umum baik, motivasi murid dalam belajar bahasa Mandarin juga cukup tinggi. Penelitian ini menyajikan data yang dapat dijadikan fondasi dasar bagi guru dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kepribadian dalam pembelajaran bahasa.

Keywords


kompetensi kepribadian guru; pengaruh; motivasi belajar mandarin; murid; kursus bahasa mandarin

Full Text:

PDF

References


Ajizi, D. (2020). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ekopendia, 86-90. https://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/ekopendia/article/view/372/585

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 28. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/1529

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 205. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1297

Ardhini, Zulfa. (2023). Retrieved March, 8, 2023 from https://www.detik.com/bali/berita/d-6607480/pengertian-skala-likert-metode-dan-contohnya-untuk-penelitian

Asmawi, M. N. (2016). Studi Korelasi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Arab dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTSN Dondo Kabupaten Tolitoli. Jurnal Penelitian Ilmiah, 389-406.

Aswaldi, F. K. (2016). Pengaruh Kepribadian Guru Kelompok Mata Pelajaran C3 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Program Keahlilan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Pelita Pendidikan, 1. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/5954

Aulia, Randy. (2023). Retrieved January, 29, 2023, from https://www.globalstatistik.com/analisis-regresi-sederhana-ini-penjelasannya/

Chái Huī. (2010). Diàochá wènjuàn shèjì zhōng xìndù jí xiàodù jiǎnyàn fāngfǎ yánjiū. Shìjiè kējì yánjiū yǔ fāzhǎn xuébào, 30. http://www.cqvip.com/qk/92621b/201004/35101794.html

Chén Yù Qiáo. (2020). Ràng měi gè háizi dōu néng yùdào hǎo lǎoshī. Xuéxiào guǎnlǐ, 1. https://xxgl.jssnu.edu.cn/_upload/article/files/68/75/672839a64cfb8b710f88415f71a5/11ca379b-1c31-4994-9c96-7fd60ca36d85.pdf

Dīng Ān Qí. (2013). Lái huá liúxuéshēng hànyǔ xuéxí dòngjī biànhuà chéngyīn fēnxī. De Gruyter Mouton, 115-137. https://www.degruyter.com/document/doi/10.1515/caslar-2013-0025/pdf

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, 237-264. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/3170/0

Juān Dù. (2012). Tōng jìng fēnxī zài Excel hé SPSS zhōng de shíxiàn. Shǎnxī qìxiàng, 15-18. http://sxqx.cnjournals.com/sxqx/article/abstract/1200

Khansa, N. M. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1-7. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/6453

Lài Zhì Fēng. (2009). Jiàoyù lǐngdǎo de lǐlùn jí shíjiàn zhī tànxī . Jiàoyù yánjiū yǔ fāzhǎn qíkān, 113-144. https://journal.naer.edu.tw/periodical_detail.asp?DID=vol018_05

Lararenjana, Edelweis. (2020). Retrieved December, 14, 2020, from https://www.merdeka.com/jatim/purposive-sampling-adalah-teknik-pengambilan-sampel-dengan-ciri-khusus-wajib-tahu-kln.html

Lararenjana, Edelweis. (2021). Retrieved February 11, 2021, from https://www.merdeka.com/jatim/spss-adalah-program-analisis-statistika-pelajari-kegunaan-serta-sejarahnya-kln.html

Lǐ Sà. (2021). Jiàoshī xiàonéng gǎn liàng biǎo zhōngwén bǎn de xìndù hé xiàodù jiǎnyàn. Píngdǐngshān xuéyuàn xuébào, 108-112. https://libap.nhu.edu.tw:8081/Ejournal/AW01360320.pdf

Safitri, N. (2019). Gambaran Kompetensi Kepribadian Instruktur Pada Pembelajaran Menjahit Di Panti Sosial Harapan Kota Padang Panjang. Spektrum, 381. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/100555

Sutriyono. (2020). Retrieved November 21, from https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/4-kompetensi-guru/

Wèi Yuè Hóng. (2010). Jiàoshī de zhǔdǎo zuòyòng hé xuéshēng de wàiyǔ zìzhǔ xuéxí. Ānhuī nóngyè dàxué xuébào (shèhuì kēxué bǎn), 125-129. http://ahndskxb.ahau.edu.cn/ahnydxxbsk/article/abstract/20100430

Wēn Xiǎo Hóng. (2013). Hànyǔ wèi wàiyǔ de xuéxí qínggǎn tàidù, dòngjī yánjiū. Shìjiè hànyǔ jiàoxué, 73-81. https://www.uh.edu/class/mcl/faculty/wen_x/_pdf/2013b%20%E6%B1%89%E8%AF%AD%E4%B8%BA%E5%A4%96%E8%AF%AD%E7%9A%84%E5%AD%A6%E4%B9%A0%E6%83%85%E6%84%9F%E6%80%81%E5%BA%A6_%E5%8A%A8%E6%9C%BA%E7%A0%94%E7%A9%B6_%E6%B8%A9%E6%99%93%E8%99%B9.pdf




DOI: https://doi.org/10.9744/century.12.1.13-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats