ETOS KERJA PEDAGANG TIONGHOA DI KAWASAN KEMBANG JEPUN SURABAYA

Elisabet Natalia(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Kembang Jepun merupakan salah satu kawasan di Kota Surabaya yang mempunyai sejumlah toko dan mayoritas dikelola oleh pedagang Tionghoa. Selain itu, di kawasan Kembang Jepun terdapat beberapa toko yang masih dipegang secara turun temurun dari orang tua sang pemilik dan sampai sekarang masih bertahan. Dari fenomena yang ada membuat penulis tertarik untuk meneliti topik ini.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang Tionghoa di kawasan Kembang Jepun Surabaya memiliki etos kerja yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya cara pandang, sikap dan nilai yang positif. Cara pandang yang dimiliki oleh pedagang Tionghoa di kawasan Kembang Jepun Surabaya adalah memandang bekerja sebagai suatu kewajiban, sehingga mereka bisa menikmati pekerjaan mereka. Sikap yang dimiliki yaitu bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dengan bersikap tegas dan disiplin pada saat bekerja. Sikap bertanggung jawab juga terwujud dalam mengerjakan tugas dengan bersungguh-sungguh, mengikuti aturan dan bertanggung jawab atas pekerjaannya. Nilai yang dianut yaitu fokus terhadap pekerjaan mereka tanpa harus mendapatkan pengakuan dari orang lain.


Keywords


etos kerja; cara pandang; sikap; nilai

Full Text:

PDF

References


Abrams, M.H. (1981). A Glossary of literary terms. Holt Rinehart and Winston.

Afriza, E. F. (2018). Aktualisasi ajaran Konfusius yang di adaptasikan sebagai pembelajaran pendidikan karakter kewirausahaan. Jurnal Edunomic, Vol. 6(1), 32.

Allport, W. Gordon. (1954). The nature of prejudice. Addison-Wesley Publishing Company.

Cherrington, D. J. (1995). The management of human resources (4 th edition). Prentice Hall Inc.

Damiati, dkk. (2017). Perilaku konsumen. Rajawali Pers.

Dinas penanaman modal & pelayanan terpadu satu pintu. “Demografi”. (2017). DPM & PTSP. http://dpm-ptsp.surabaya.go.id/v3/pages/demografi.

Hurek, L. (2021). “Warga Tionghoa sudah ada di Surabaya sebelum kedatangan VOC”. Radar Surabaya Online, 25 October 2021. https://radarsurabaya.jawapos.com/kota-lama/77975970/warga-tionghoa-sudah-ada-di-surabaya-sebelum-kedatangan-voc.

Kuncono, O.S. (2013). Pengaruh etika Confucius terhadap kewirausahaan, kemampuan usaha dan kinerja usaha pedagang eceran etnis Tionghoa di Surabaya. http://www.spocjournal.com/disertasi/238.html.

Nitisemito, Alex S. (2012). Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar. Arena Ilmu.

Nugroho, A. (2012). Manajemen sumber daya (human resource management). Edisi 14. Salemba Empat.

Pradita. (2018). Pengaruh etos kerja dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja pegawai pada kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) Pematangsiantar. Jurnal Sultanist, vol. 6, no. 1.

Putri, S. H dan Kadarisman, Yoskar. (2019). Etos kerja pedagang etnis Tionghoa dan keberhasilannya dalam berdagang di kelurahan Sago kecamatan Senapelan kota Pekanbaru. JOM FISIP, vol. 6, no. 1.

Sinamo, J. (2011). 8 Etos kerja profesional. Institut Dharma Mahardika.

Sofyan, M. (2010). Islam dan etos kerja. STAIN Salatiga PRESS.

Suryadinata, L. (2010). Etnis Tionghoa dan nasionalisme Indonesia. Sebuah bunga rampai 1956-2008. Kompas Penerbit Buku.

Fikri, D. (2023). “Kunjungi Kembang Jepun Surabaya, Nikmati Keunikan Kya-Kya Wisata Pecinan”. Tempo Online. https://travel.tempo.co/read/1682463/kunjungi-kembang-jepun-surabaya-nikmati-keunikan-kya-kya-wisata-pecinan

Yvonne, S. dkk. (2017). Etos kerja pegawai etnis Tionghoa di lima perusahaan keuangan kota Surabaya. Journal Article Century, vol. 2, no. 4.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.11.2.119-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats