ANALISIS AKULTURASI BUDAYA PADA RESTORAN "KARTIKO" SURABAYA

Michelle Angelline(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami bentuk akulturasi budaya yang terdapat dalam arsitektur, desain interior, dan makanan yang dijual di restoran Kartiko Traditional Heritage Culinary Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik triangulasi yang dilaksanakan dengan membandingkan data hasil pengamatan dan data hasil wawancara, membandingkan data hasil wawancara dengan teori-teori yang ada, dan mereduksi data yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa restoran “Kartiko” merupakan restoran bergaya peranakan yang merupakan hasil akulturasi dari tiga kebudayaan, yaitu Tiongkok, Indonesia (Jawa), dan Belanda. Tujuan pemilik restoran mendirikan restoran bergaya peranakan adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai budaya peranakan pada pelanggan, terutama anak-anak muda. Secara keseluruhan, budaya yang paling terlihat paling kentara adalah budaya Tiongkok, sedangkan yang tidak seberapa terlihat adalah budaya Belandanya.

Kata kunci : restoran, peranakan, akulturasi budaya


Full Text:

PDF

References


Ball, V. K. (1980). Architecture and Interior Design. USA : Wiley.

Handinoto. (2008). Perkembangan Bangunan Etnis Tionghoa di Indonesia (Akhir Abad ke 19 sampai tahun 1960-an. Simposium Nasional Arsitektur Vernakular 2 Universitas Kristen Petra, 2-5.

Jussup, H. (2013). Studi Gaya Desain Cina dan Kolonial Pada Furniture Cafe & Bar Shanghai Blue 1920 di Jakarta. Jurnal INTRkoentA. Vol. 01(2), 2.

Khol, David G. (1984). Chinese Architecture in The Straits Settlements and Western Malaya : Temples Kongsis and Houses. Kuala Lumpur : Heineman Asia.

Koentjaraningrat. (2005). Pengantar Ilmu Antropologi 1. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kupier, K. (2011). The Culture Of Tionghoa. Britannica Educational Publishing. New York.

Travel China Guide. (November 26, 2019) Features of Chinese Food. Retrieved from

https://www.travelchinaguide.com/intro/cuisine_drink/cuisine/feature.htm

Wijaya, S. (2019). Indonesian food culture mapping: a starter contribution to promote Indonesian culinary tourism. Journal of Ethnic Foods. Vol. 06(9).

Zhu, Wen. (2012). Chinese Style : Interiors, Furnitures, Details. New York : Better Link Press.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.9.2.11-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats