ANALISIS MAKNA KATA IKLAN TOYOTA SIENTA, TOYOTA CAMRY DAN TOYOTA YARIS-L CHINA 中国Sienta广告、Camry 广告、Yaris-L广告的词义分析

Sam Dian Tanawijaya Tan(1*),


(1) Kristen Petra University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis makna kata dan juga penggunaan jenis makna kata yang dominan dalam ketiga buah Iklan Toyota, yaitu Iklan Toyota Sienta, Toyota Camry, dan Toyota Yaris-L. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis data-data dalam iklan. Penelitian ini menggunakan teori makna kata yang ditulis oleh Karsono (2014). Makna kata yang dijelaskan terbagi menjadi 3 jenis yaitu makna kata denotatif (词的概念意义 /理性意义),makna kata konotatif(词的色彩意义),dan makna kata tersirat(词的含蓄意义). Hasil penelitian yang penulis temukan, penggunaan makna kata yang paling dominan yaitu makna kata denotatif. Penulis juga menemukan bahwa ada satu kata yang bisa memiliki dua jenis makna kata, tergantung pada konteks yang ingin dibahas atau dijelaskan. Kesimpulan penelitiannya adalah ketiga buah iklan Toyota menonjolkan format penggunaan makna kata yang sama, yaitu menggunakan makna kata denotatif umum. Penggunaan makna kata denotatif memiliki karakteristik yang mudah dipahami dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci : makna kata, denotatif, konotatif, tersirat, iklan Toyota

 

 

摘要

撰写研究目的是确定单词意义类型,最常用词意义,在 丰田Sienta,Camry和Yaris-L 。这研究是定性研究,通过用书/文献资料来分析广告中的数据。这项研究用Karsono(2014)理论,讨论了单词意义。所描述的单词意义分为三种类型,词的概念意义,词的色彩意义和词的含蓄意义。研究结果表明,词义的最主要是词的概念意义 。笔者还发现,一个单词可以具有两种类型的单词意义。结论,三个丰田广告用相同的单词意义具有相同的格式,即用该单词的一般意义。象征意义的用具有在生活中易于理解和用的特征。

 

关键字:词义,词的概念意义 ,词的色彩意义,词的含蓄意义,丰田广告

 


Full Text:

PDF

References


Chaer, A.,& Multiastuti, L.(2018). Makna dan semantik. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4770/1/PBIN4215-M1.pdf

Chén, A .(2011).Xiàndài hànyǔ gàilùn .Běijīng: běijīng yǔyán dàxué chūbǎn shè.

Fanani, R. (2011, Desember). Penelitian kualitatif. Retrieved February 02,2020, from:http://rosnfik1984.blogspot.com/2011/12/penelitian-kuantitatif.html

Gariber, Zōuyǔnjié. (2017, November 16). GAI ╳ TOYOTA 2018 款凱美瑞廣告 MV《大師》. [Video file]. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=_7NNAvVke6Y

Karsono, O.M.F. (2014). Pengantar linguistik bahasa Tionghoa (1st ed.). CV. Perwira Media Nusantara.

Kurniawan, A. (2020, February). Semantik adalah – pengertian, sejarah, jenis, unsur, manfaat, analisis, para ahli.Retrieved Febuary 03,2020, from https://www.gurupendidikan.co.id/semantik-adalah/

Pasar otomotif China pulih, penjualan mobil asal Jepang melonjak.(2020, June 06).Redaksi Asiatoday.Retrieved from https://asiatoday.id/read/pasar-otomotif-china-pulih-penjualan-mobil-asal-jepang-melonjak

Priyanto, W. (2017, January 04). Volkswagen rajai penjualan mobil di Cina, wuling masuk 20 besar.Tempo.co. Retrieved July 08,2020, from https://otomotif.tempo.co/read/1039349/volkswagen-rajai-penjualan-mobil-di-cina-wuling-masuk-20-besar

Rakhmi, F. P. (2014). Analisis perbandingan gaya bahasa pada iklan Dove berbahasa Jerman dan berbahasa Indonesia ditinjau dari segi sintaksis dan semantis = Comparative analysis of language style of Dove ad in Germany and in Indonesia in terms of syntax and semantic [Universitas Indonesia]. Retrieved June 07,2020, from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-8/20392669-MK-Fanny Puji Rakhmi.pdf

Sartini, N.W. (n.d.). Tinjauan teoritik tentang semiotik. Retrieved October 08,2020, from http://journal.unair.ac.id/filerPDF/Tinjauan Teoritik tentang Semiotik.pdf

Tolok, A.D. (2019, January 14). Pertama kali dalam 2 dekade, penjualan mobil di China menurun.Bisnis.com.Retrieved July 28,2020, from https://otomotif.bisnis.com/read/20190114/275/878635/pertama-kali-dalam-2-dekade-penjualan-mobil-di-china-menurun

Toys, best small. (2017, February 25). 【汽车涨知识】全新致炫-广汽丰田TOYOTA品牌宣传-嘻哈绕口[Video file].Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=wPzXTEgTOKM

Toyota TW. (2020, February 28). 世界狂⚡原來 TOYOTA 的廣告是這樣拍的!?[Video file].Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=RHYnm9XzXM4

Zulkaernaen, A.D.,& Andhiko, R.M.A.(2014). Analisis citra pria Indonesia dan Jerman pada produk Nivea ditinjau dari aspek semantis dan semiotik [Universitas Indonesia].Retrieved June 07,2020, from http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-09//S57555-Adiguna Zulkarnaen




DOI: https://doi.org/10.9744/century.9.2.41-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats