Analisis Iklan Rumah Duka Jakarta Dalam Surat Kabar 'International Daily' Edisi Juli 2019

Cherry Cherry(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Judul dari tesis ini adalah “Analisis Iklan Rumah Duka Jakarta Dalam Surat Kabar ‘International Daily’ Edisi Juli 2019”.  Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: makna khusus teks dalam iklan rumah duka di International Daily (Juli 2019), makna khusus gambar dalam iklan rumah duka di International Daily (Juli 2019). Teori dalam penelitian ini menggunakan teori analisis semiotik. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa elemen persamaan dan perbedaan dalam iklan memiliki makna tertentu dalam budaya masyarakat dan kebiasaan hidup sehari-hari. Elemen-elemen ini juga memiliki alasan khusus dalam penggunaannya. Makna dari perspektif responden didukung oleh teori-teori yang terkait dengan unsur-unsur yang ditemukan dalam iklan. 

Kata kunci: ‘International Daily’, Iklan, Semiotik, Budaya


Full Text:

PDF

References


Barthes, R. (2007). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa Semiotik atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chandler, D. (2007). Semiotics The Basics. New York: Taylor & Francis e-Library.

Christomy, T., & Yuwono, U. (2004). Semiotik Budaya. Jakarta: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.

Efendy, O. U. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi Pengantar Metodelogi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hariyanto, P. (2019, March 7). Era Informasi Teknologi, Media Massa dan Media Baru Tumbuh Pesat. Retrieved August 28, 2019, from Sindonews: https://nasional.sindonews.com/read/1384726/144/era-informasi-teknologi-media-massa-dan-media-baru-tumbuh-pesat-1551955471

Jenkins, F. (1995). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Junaedi, F. (2013). Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Yogyakarta: Santusta.

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Grafiti.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Maslow, A. (2016). Koran: Pengertian, Tujuan dan Fungsi Serta Manfaatnya. Retrieved from Abraham Maslow - Father of Modern Management: http://www.abraham-maslow.com/info/koran-pengertian-tujuan-dan-fungsi-serta-manfaatnya/

Van Zoest, A. (1993). Semiotik: Tentang Tanda, Cara Kerjanya dan Apa yang kita Lakukan Dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.

Yeo, T. R. (2015). Chinese Death Rituals. Retrieved October 22, 2019, from Singapore Infopedia: https://eresources.nlb.gov.sg/infopedia/articles/SIP_2015-11-30_175737.html




DOI: https://doi.org/10.9744/century.8.2.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats