PEMAHAMAN MAHASISWA BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2016 TERHADAP PELAFALAN KARAKTER HANZI YANG MEMILIKI LEBIH DARI SATU BUNYI 中文系2016届学生对汉语教程中出现的多音字的理解中
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pemahaman Mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin angkatan 2016 terhadap Pelafalan Karakter Hanzi yang memiliki lebih dari satu bunyi. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap pelafalan karakter Hanzi sama yang memiliki lebih dari satu bunyi pada mahasiswa Bahasa Mandarin angkatan 2016.
Mengetahui penyebab yang menyebabkan mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin angkatan 2016 dalam melakukan kesalahan dalam pelafalan. Data diperoleh menggunakan tes, kuesioner, dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Karakter Hanzi sama yang memiliki lebih dari satu bunyi. Melalui wawancara dapat diketahui penyebab kesalahan berada pada kesalahan interlingual dimana siswa tidak memperhatikan batasan objek sehingga menimbulkan kesalahan. Melalui hasil test diketahui bahwa mahasiswa banyak melakukan kesalahan pada pelafalan kata kerja dan kata benda. Melalui kuesioner diketahui faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan adalah faktor dari materi pengajaran dan pengajar serta dari dalam diri mahasiswa sendiri.
Kata Kunci : pemahaman kesalahan, analisa kesalahan, angkatan 2016
DOI: https://doi.org/10.9744/century.8.1.55-67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :
In cooperation with :
Tools :
Statistic Installed since 19 February 2019
View My Stats