ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA BAHASA TIONGHOA DALAM MENULIS DAN MEMBACA OLEH MAHASISWA KELAS MENENGAH DAN ATAS SASTRA TIONGHOA UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Filona Sagita Wijaya(1*), Budi Kurniawan(2), Shuiqing Zhu(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan pada penelitian Zeng (2017) telah melakukan penelitian  terhadap beberapa hasil  penelitian sebelumnya pada tahun 2002 sampai 2016 mengenai analisis kesalahan tanda baca. Dalam penelitian tersebut ditemukan “ isi penelitian, cara penelitian dilakukan berulang- ulang” , mayoritas data penelitian berupa karangan dari mahasiswa, penelitian yang bersifat eksperimental sangat sedikit (hanya ada satu penelitian).  Penulis menggunakan data penelitian dari karangan mahasiswa, proposal mahasiswa dan soal tes kecil, membuat hasil penelitian menjadi lebih objektif, juga menghasilkan penelitian yang bersifat eksperimental.

           

            Pertama, penulis melakukan perhitungna pada analisis kesalahan penggunaan tanda baca, kemudian tahap selanjutnya menggolongkan kesalahan tersebut dan menjelaskan letak kesalahan pada kalimat yang salah. Untuk mengetahui mengenai korelasi pemahaman penggunaan tanda baca yang berkaitan dengan  kemampuan  membaca dan menulis, penulis menggunakan Pearson Correlation . Hasilnya adalah, kesalahan fungsi dalam penggunaan tanda baca tanda baca koma terhadap kemampuan menulis dan membaca memiliki korelasi yang kuat, sedangkan tanda baca lainnya tidak memiliki korelasi.


Keywords


tanda baca bahasa Tionghoa, menulis, membaca , error analysis

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas (1994). Principles of Language Learning and Teaching. Prentice Hall.

ChenHui (2008). Dui Wai Han Yu Zi Ci Yu Yue Du Xue Xi Yan Jiu. Bei Jing Zhong Ke Yin Shua You Xian Gong Si.

ChenHui(2007). Dui Wai Han Yu Jiao Xue Ke Cheng Yan Jiu. Bei Jing:Bei Jing Zhong Ke Yin Shua You Xian Gong Si.

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Ellis, Rod (1986). Understanding Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press.

Giesen, Leslie, "Activities for Integrating Reading and Writing in the Language Classroom" (2001). MATESOL Collection. 456.

Hu Yu Shu (1993). Xian Dai Han Yu. Hongkong: Joint Publishing.

LuBiSong (2007). Han Yu He Han Yu Zuo Wei Di Er Yu Yan Jiao Xue.Bei Jing: Bei Jing Da Xue Chu Ban She.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wang Li Jia (2000). X ian Dai Han Yu. Bei Jing: Shang Wu Yin Shu Guan.

WangZiQiang(1984). Yong Ci·Zao Ju·Biao Dian. Shang Hai:Shu Hai Chu Ban She.

YangWanBing(2015). Zhong Ji Shui Ping Dong Nan Ya Liu Xue Sheng Han Yu Ju Du Yi Shi Yu Biao Dian Fu Hao Shi Yong De Shi Yan Yan Jiu. Yu Yan Jiao Xue Yu Yan Jiu.

ZengLiJuan (2017). Mian Xiang Han Yu Guo Ji De Biao Dian Fu Hao Yan Jiu Shu Ping. Chang Sha:Hu Nan Shi Fan Da Xue Guo Ji Han Yu Wen Hua Xue Yuan.

Zhao ZhenMing(2003). Xie Zuo Jiao Xue Yu Yue Du Jiao Xue De Xie Tong Guan Xi. 《Yu Wen Jiao Xue Yu Yan Jiu: Jiao Yan Tian Di》terbit 04.

ZhaoJinMing(2008). Dui Wai Han Yu Jiao Xue Gai Lun. Bei Jing:Shang Wu Yin Shu Guan.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.6.2.59-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats