ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU STRUKTURAL “的,得,地” PADA MAHASISWA ANGKATAN 2017

Shielyn Angela(1*), Alpin Gadman Markali(2), Kuo Chun – I(3),


(1) 
(2) Universitas Kristen Petra
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan, faktor penyebab kesalahan  dan cara pandang mahasiswa Universitas Kristen Petra angkatan 2017 prodi Sastra Tionghoa terhadap cara pengajaran kata bantu struktural de(的), de(得) dan de(地). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan mahasiswa adalah kesalahan penggunaan kata bantu struktural de(得) dan de(地). Faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan adalah: penggunaan kata bantu struktural yang rumit, faktor dalam diri mahasiswa, kurangnya latihan soal dan adanya pengaruh dari bahasa ibu. Selain itu dari hasil penelitian juga dapat diketahui cara pandang mahasiswa terhadap pengajaran kata bantu struktural de(的), de(得) dan de(地) yaitu: cara penjelasan pengajar yang sangat berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa serta memperbanyak latihan soal dapat membuat mahasiswa tidak mudah melupakan materi yang baru diajarkan. Kesimpulannya adalah penggunaan kata bantu struktural de(得) dan de(地) adalah yang paling sulit, yang membuat mahasiswa banyak melakukan kesalahan dan di antara ketiga kata bantu struktural, kesalahan penambahan dan penghilangan kata bantu stuktural de(的) yang paling banyak dilakukan mahasiswa.


Keywords


Analisis Kesalahan, Kata Bantu Struktural, “的, 得 dan地”

Full Text:

PDF

References


Corder, S.P. (1967).The Significance of Learners’ Errors. International Review of Applied linguistics, 5.

Huang, B.R & L,X.D. (2007).Xiandai Hanyu. Beijing: Gaodeng Jiaoyu Chubanshe.

Li, X.Q.(2005). Xiandai Hanyu Xuci Jiangyi. Beijing: Beijing Daxue Chubanshe.

Liu, Y.H. (2004). Shiyong Xiandai Hanyu Yufa. Beijing: Shangwu Yinshuguan

Luo,X.J & Sun, L. (2003). Pianwu Lilun yu Eryu Xide. Waiyu Xuekan, (2), 102-105.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparto.(2003). Tata Bahasa Mandarin Itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara.

Zhou,M.Y.(2011). Guanyu Liuxuesheng Hanyu jiegouzhuci “de” he “de” de Xide Kaocha. Master thesis, Fujian Normal University.

Zhang,Y.S & Zhang, B. Xiandai Hanyu Xuci. Huadong: Huadong Daxue Chubanshe.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.6.2.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats