METODE PENGAJARAN MILE WENHUABAN DI MAHA VIHARA DAN PUSDIKLAT BUDDHA MAITREYA SURABAYA

Novi Yulianita(1*), Elisa Christiana(2),


(1) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(2) Universitas Kristen Petra Program Studi Sastra Tionghoa
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengajaran bahasa Mandarin secara non formal sekarang telah banyak dibuka di Surabaya, salah satunya adalah kelas MiLe WenHuaBan. Dalam pengajaran bahasa Mandarin sebagai bahasa asing, metode pengajaran yang strategis, aktivitas dan lingkungan dapat mendukung perkembangan bahasa sasaran murid. Oleh karena itu,  tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pengajaran di MiLe WenHuaBan, serta mengetahui kelebihan kekurangan metode pengajaran MiLe WenHuaBan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan memberikan tes HSK. Dari hasil analisis, penulis menemukan bahwa dalam pengajaran kelas ini, cukup efektif dalam belajar bahasa Mandarin tingkat dasar, murid-murid telah terbiasa berbicara bahasa Mandarin, dan dalam kurun waktu empat bulan murid-murid telah dapat lulus tes HSK level tiga. Demi meningkatkan kualitas pengajaran, masih ada hal yang harus ditingkatkan, seperti latihan keterampilan menulis. 


Keywords


Metode pengajaran, bahasa Mandarin, MiLe WenHuaBan

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan

Cendekia.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-

Ruzz Media.

Guo Jia Han Ban (2009). Xin Han Yu Shui Ping Kao Shi Da Gang HSK ER JI.

Bei Jing: Shang Wu Yin Shu Guan.

Guo Jia Han Ban (2009). Xin Han Yu Shui Ping Kao Shi Da Gang HSK SAN JI.

Bei Jing: Shang Wu Yin Shu Guan

Hamid, M. S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.

Kurniawan (2012). Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.

Liu, X. (2012). Dui Wai Yu Jiao Yu Xue Yin Lun. Bei Jing: Bei Jing Yu Yan Da

Xue.

Santrock, J.W. (2010). Psikolog Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sedarmayanti & Hidayat, S. (2002). Metodologi Penelitian. Bandung: CV.

Mandar Maju.

Soekartawi (1995). Meningkatkan Efektifitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.

Zhao, J. M. (2011). Dui Wai Han Yu Jiao Xue Gai Lun. Bei Jing: Shang Wu

Yin Shu Guan.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.5.2.71-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats