Bisnis Online Pakaian Wanita Oleh Etnis Tionghoa Di Surabaya 泗水华裔网络女服装上之买卖

Vony Fransisca Vony Fransisca(1*), Ong Mia Farao Karsono(2), Leo Irwan Sugianto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Adanya kesemarakan bisnis online saat ini, terutama dibidang pakaian wanita, sehingga penulis tertarik untuk meneliti bisnis online pakaian wanita oleh etnis Tionghoa di Surabaya. Kajian pustaka yang digunakan untuk mendukung analisis terdiri atas prinsip-prinsip dasar bisnis etnis Tionghoa, strategi bisnis orang Tionghoa, bisnis online pakaian wanita, metode pembayaran bisnis online. Metode penelitian adalah kualitatif deskripstif , dengan jumlah informan adalah enam orang. Dari hasil analisis ditemukan ciri khas etnis Tionghoa dalam berbisnis online adalah bersifat hemat, kerja keras, dapat menabung, fleksibel, dan berani mengambil resiko, menghargai waktu, strateginya adalah menjadikan pelanggan seperti raja, mengumpulkan informasi melalui teman, family, internet, majalah, bekerja lebih dari jam kerja yang ditentukan. Alasan mengapa bisnis pakaian dijalankan oleh para informan adalah krena murah, wanita lebih suka membeli pakaian baru dan modelnya lebih berfariasi, belum dikenakan pajak oleh pemerintah Indonesia, tidak perlu menyewa stand dan pegawai. .

摘要 由于存在网络买卖的热门现象,特别是女服装网络买卖,所以笔者研究泗水华裔的网络买卖内容。本论文采用的相关文献包括华裔经商的基本原则、华裔的经商策略、女服装网络买卖、支付的方式。使用的研究法是定性与描述性,研究对象共六位受访者。研究结果发现泗水华裔女服装网络买卖特色是节约、勤学苦练、善于储蓄、善于适应、敢于承担各种风险、珍惜时间。买卖策略是把客户当作皇帝,向女友、亲戚、姐妹或从网路上以及杂志找寻女服装款式的一切信息,受访者的工作精神超过一般人工作时间。女服装网络成为泗水华裔主要就业原因之一是因为便宜,女性更喜欢买新衣服 ,以及女服装款式比男服装款式多,不但政府还没决定在网络买卖上抽税, 而且不需要雇佣员工和租摊子

Keywords


Kata-kata Kunci : Bisnis online, pakaian wanita, etnis Tionghoa Surabaya 网络,女服装,泗水华裔

Full Text:

PDF

References


Adhon. (2013) . Kepribadian wanita. Yogyakarta : Araska. Astono, Rianto. (2012). Cerdas mengelola toko online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Emsan. (2011). Rahasia bisnis orang Cina, Arab, dan India. Jogjakarta: DIVA Press.

Kaelan. (2012). Metode penelitian kualitatif interdisipliner bidang sosial, budaya, filsafat, seni, agama, dan humaniora. Yogyakarta: PARADIGMA.

Melvin, Sheila (2012). Sukses Berbisnis dengan bangsa Cina. Bandung : PT. Grafindo Media Pratama.

Partono, Adila Ashari. (2012). “Menjamurnya online shop”. Skripsi ini belum di publikasikan. Diponegoro. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Patton, Michael Quinn. (2009). Metode evaluasi kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Prastowo, A. (2012). Menguasai teknik-teknik koleksi data penelitian kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Serfianto. (2013). Bisnis online dan transaksi elektronik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Kompas Gramedia Building

Sugiono. (2009). Metode penelitian kualitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta.

Sugiono. (2011). Statistika pntuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Utomo, Eko Priyo. (2013). Raja bisnis online. Jakarta: Mediakom.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.1.2.15-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats