PENGARUH “HANZI METHOD” TERHADAP PENGUASAAN MAKNA HANZI PADA SISWA KELAS 7 SMPK ST AGNES SURABAYA “汉字法” 对泗水ST AGNES 初中一年级学生掌握字义的影响

Kezia Tiffany Kusuma(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Metode pembelajaran Hanzi method menuntut siswa menggunakan logika untuk memahami arti dari karakter-karakter Hanzi yang ada. Metode ini pernah diujikan ke anak-anak, dengan hasil bahwa koneksi Hanzi dengan dunia nyata dapat dipahami oleh anak-anak, tetapi penerapan Hanzi method berdasarkan hal yang abstrak berupa pemikiran rasional dan logis serta konseptualisasi, tidak terlalu ideal bagi anak-anak. Sehingga penelitian ini hendak melihat lebih lanjut mengenai penerapan Hanzi method pada siswa yang lebih dewasa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMPK St. Agnes Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dilakukannya sebuah eksperimen, dengan kelompok kontrol yang diajar dengan metode tradisional dan kelompok eksperimen yang diajar dengan Hanzi method. Siswa pada awal diberikan pretest dan terakhir pertemuan diberikan posttest. Nilai dari pretest dan posttest ini diuji menggunakan uji t. Setelah dilakukan uji, didapati bahwa nilai dari siswa yang diajarkan menggunakan Hanzi Method mengalami peningkatan yang signifikan dibanding nilai siswa pada kelas kontrol. Peningkatan yang signifikan terjadi secara keseluruhan dan juga pada tiap konsep-konsep yang ada dalam Hanzi Method.
Kata kunci: Hanzi Method, metode pengajaran Hanzi, makna Hanzi
摘要
汉字法要求学生采用逻辑来理解汉字字义的一个教学法。这教学法曾经用来教小孩子,得出的结果是小孩能理解汉字和真实世界的连贯,但与抽象和逻辑性的概念连贯的时候,小孩更难理解。因此本研究想探讨以汉字法教学较大年龄的学生的效果。本研究的对象是泗水St Agnes 初中一年级的学生。本研究采用定量方法,准实验。学生分为两组:控制组采用传统教学法,实验组采用汉字法。学生先进行预测试,在最后一堂课对学生进行后测试。之后,将使用t检验来测试预测和后测的分数结果。本研究结果发现,汉字法被证明可以显著提高学生记住汉字字义的能力。
关键词: 汉字法, 定量法, 汉字字义.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fathurrohman, D. M. (2017). Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran.

Yogyakarta: Garudhawaca.

Han. (2017). Post Lingual Chinese Language Learning. London: The Palgrave Macmillan.

Huitt, W., & Hummel, J. (2003). Piaget's Theory of Cognitive Development. Educational Psychology Interactive, 2.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen. Bandung: Alfabeta.

LuoDongWei, & ShiGuoDing. (2009). The wisdom of Chinese Character. Beijing: Beijing Language and Culture University Press.

Olivia. (2020). Pengantar Karakter Hanzi. Surabaya: Kanisius.

Riadi. (2016). Statistika Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sudjana. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Yang, Y. (2017). Guanyu "Zi Ben Wei yu Dui Wai Hanyu Jiaoxue" de Wen Xian Zong Shu. Jia Mu Si Zhi Ye Xue Yuan Xue Bao, 1.




DOI: https://doi.org/10.9744/century.9.1.43-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexed by : 

   

    

In cooperation with :

Tools :

 

Statistic Installed since 19 February 2019

View My Stats